Rabu, 24 Oktober 2012

Berwisata Rohani di Pantai Burung Mandi

Komhukum (Jakarta) - Sepintas mendengar namanya, saya kok jadi malas berkunjung ya? Namanya saja Pantai Burung Mandi, ya saya berpikir pasti banyak burung-burung yang “numpang” mandi di lautnya.

Wah...kayaknya enggak banget deh! Setelah tiba di lokasi yang dimaksud...walahdalah, sepertinya saya harus merevisi pemikiran saya tadi deh. Ternyata Pantai Burung Mandi ini...indah banget panoramanya dan udaranya fresh banget!

Pantai ini terletak Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur dan merupakan lokasi wisata favorit bagi wisatawan yang beragama Budha. Kenapa begitu ya?

Rupanya di dekat Pantai Burung Mandi ini terdapat Vihara Dewi Kwan Im San yang merupakan tempat ibadah dan obyek wisata sejarah umat Budha. Sesudah beribadah langsung pergi berwisata ke pantai...kombinasi yang unik dan menarik.

Pantai Burung Mandi boleh dibilang agak berbeda dengan beberapa pantai lainnya di Pulau Belitung, karena di pantai ini tidak ditemukan gugusan batu granit yang merupakan “standar dekorasi alami” pantai-pantai di Provinsi Babel (Bangka Belitung).
                                                            (Vihara Dewi Kwan Im San)
Pantai landai berpasir putih halus ini juga nyaman untuk sekadar berwisata piknik maupun berenang sekalipun. Beberapa gugusan pohon pinus yang menjadi latar belakang pantai ini seolah memberikan kesan sejuk dan asri bagi wisatawan yang berkunjung.

Ombak di pantai ini relatif tenang, jadi cukup aman untuk berenang. Namun saat cuaca buruk, jangan coba-coba untuk berenang karena ombaknya bisa berubah menjadi sangat besar.

Sayangnya fasilitas di pantai ini kurang lengkap. Kalau sekedar pedagang makanan minuman sih ada, tapi tidak ada penginapan di sekitar lokasi ini. Tapi di pantai ini terdapat pentas/panggung hiburan yang biasanya selalu ramai dengan pertunjukkan musik saat tiba hari raya/hari libur. Saran saya mampirlah ke tempat ini saat berkunjung ke Pulau Belitung, dijamin gak nyesel deh. (K-5/Iyo)

0 komentar:

Posting Komentar