Selasa, 30 Oktober 2012

Bersantai di Indahnya Pulau Sikuai

Komhukum (Jakarta) - Bila Anda berwisata ke Padang, Sumatera Barat, cobalah berlayar ke salah satu pulau kecil yang ada di depan kota Padang, namanya Pulau Sikuai. Pulau yang mulai dikelola untuk wisatawan sejak 1994 ini menjanjikan semua keindahan pulau tropis.

Pantainya juga berpasir putih dan lembut sama seperti Pantai Senggigi, perairannya hangat, kaya dengan terumbu karang dan ikan, dan ombaknya yang tenang. Banyak pohon kelapa di sepanjang pantai dan di belakangnya dilindungi hutan tropis yang masih terpelihara.

Dan yang menjadi daya tarik utamanya adalah saat sunset. Saat akan tenggelam, kadang kala mataharinya begitu merah yang tenggelam di birunya laut.

Pulau Sikuai dapat dicapai dalam waktu 25 menit dengan speed boat atau 60 menit dengan menggunakan kapal. Di pulau seluas 4,4 hektare ini dibangun 25 cottages, restoran, ruangan untuk rapat, kolam renang.
(Jejeran Pohon Kelapa Menambah indah pantai Sikuai)
Bahkan juga ada jalur untuk joging dan bersepeda yang bisa mengitari pulau serta tangga-tangga yang dibangun hingga ke atas bukit yang memungkinkan siapapun untuk menikmati matahari tenggelam atau matahari terbit dari ketinggian pulau.

Untuk tempat istirahat yang jauh dari keramaian, pulau ini nyaris sempurna. Di deretan pohon-pohon kelapa di depan penginapan, ada beberapa ayunan untuk bersantai dan tertidur di tengah hembusan angin laut.

Bahkan kita bisa langsung mencebur berenang di laut tenang dengan yang berwarna biru dan amat jernih. Mudah dijumpai anak-anak penyu yang berenang di antara karang.

Selain itu, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Bisa snorkeling di sekitar pulau atau mendayung kano di atas laut yang tenang. Bahkan dari atas perahu, aneka biota laut terlihat amat jelas.

Juga bisa trekking karena di belakang resort, ada hutan tropis dengan bukitnya tinggi, tetapi sudah dilengkapi 369 anak tangga bila ingin mendakinya. Perlu waktu 30 menit untuk mencapai puncaknya.
(Kapal-kapal Tradisional Siap Mengantar Pengunjung di pantai Sikuai)
Walau tenaga terkuras, ini akan terbayar dengan pemandangan indah saat melihat ke laut lepas, memandang pulau-pulau kecil di bawahnya. Dan bila naik saat senja, bisa melihat matahari tenggelam.

Namun, kekurangan di pulau ini adalah terbatasnya listrik. Padahal, kamarnya menggunakan AC. Listrik yang berasal dari generator hanya menyala pada pulul 17.00 sore hingga pukul 08.00 pagi.

Ada paket wisata sehari di pulau ini dengan biaya Rp. 250 ribu per orang yang dikelola oleh PT. Abadi Wijaya yang kini mengelola resort New Sikuai Island. Dengan paket ini, dari Padang pengunjung akan berangkat di Pelabuhan Wisata Bahari di Pelabuhan Muara Padang pada pukul 10.00 pagi naik speed boat yang disediakan dan sore harinya pulul 16.00 sore sudah harus kembali dari Pulau Sikuai ke Pelabuhan Wisata Bahari di Padang.

Dengan paket sehari ini hanya cukup untuk bermain di pulau, memancing, kano, atau berenang, tetapi tidak ada kesempatan untuk menikmati matahari tenggelam. Sementara bagi yang ingin bermalam, tarif kamarnya mulai Rp. 600 ribu hingga Rp. 4 juta per malam. (K-5/el)






0 komentar:

Posting Komentar