Sabtu, 18 Agustus 2012

Sungai Terpendek Dunia Ternyata di Sulawesi

Komhukum (Jakarta) - Dalam pelajaran sejarah selalu diceritakan mengenai sungai Nil sebagai sungai terpanjang di dunia. Selain terpanjang di dunia, aliran sungai Nil dan kadar lumpur yang dimilikinya membawa berkah tersendiri berupa kesuburan bagi orang-orang yang hidup di sekitarnya. 


Keberadaan sungai Nil ini menyebabkan Kota Mesir menjadi terkenal di seantero jakat selain kemegahan piramida dan kisah Firaun yang terkenal. Ya itulah sungai nil, sungai yang satu ini dikenal sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai ini terbentang di wilayah Afrika dengan panjang mencapai 6.650 kilometer. 

Jika sungai Nil menjadi yang terpanjang, lalu manakah sungai yang diklaim paling terpendek di Indonesia? Usut punya usut, rupanya sungai tersebut ada di tanah air Indonesia, atau lebih tepatnya di Sulawesi Tenggara.

Tamborasi, demikian nama sungai tersebut. Sungai ini diklaim sebagai sungai terpendek di dunia. Panjangnya hanya mencapai 20 meter saja sementara lebarnya sekitar 15 meter. Ukuran mini tersebut membuat Tamborasi tidak terlihat seperti sungai, melainkan sebuah danau. Tetapi aliran airnya menunjukkan bahwa ini memang sebuah sungai.
Situs ensiklopedia terbesar di dunia, Wikipedia, juga mengakui catatan tersebut. Sungai Tamborasi terletak di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk mencapai sungai mini tersebut, Anda bisa mengaksesnya lewat darat. Jaraknya yang hanya sekitar 90 meter dari kota Kolaka menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1-2 jam. Yang paling menarik, walau terbilang sangat kecil sungai ini masih sangat asri. 

Airnya yang berwarna jernih kehijauan dijamin akan menghipnotis mata Anda. Sangat berbeda dengan pemandangan sungai-sungai besar yang ada di wilayah perkotaan. Anda bisa menikmati aktivitas berenang yang menyenangkan. Tidak hanya itu, pepohonan rindang yang ada disekitarnya membuat udara terasa lebih sejuk dan segar. Antara sejuk dan hangat, dua pilihan yang bisa dinikmati saat berendam di Tamborasi Jika Anda berenang ke hulu, Anda akan langsung berhadapan dengan pantai Tamborasi.
Di sini pemandangan yang ada lebih menakjubkan lagi. Pasir putihnya yang cantik mampu melengkapi keindahan pemandangan alam di sini. Namun berbeda dengan di sungai, air di pantai Tambora bersuhu lebih hangat. 

Dengan demikian Anda memiliki dua pilihan air, antara segar dan hangat. Sehingga jika Anda berinisiatif melakukan liburan untuk menyegarkan pikiran dan tubuh, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat ini. Sebagai tambahan, saat menuju sungai, Anda juga akan disuguhkan pemandangan yang menawan dari gunung marmer di sepanjang jalan. (el)

0 komentar:

Poskan Komentar