Selasa, 21 Agustus 2012

Menuai Ibadah di Masjid Perut Bumi Tuban

Komhukum (Tuban) - Namanya tempat ibadah pasti ada saja sesuatu yang unik di dalamnya. Nah bagaimana kalau ada tempat ibadah yang unik luar dalam? Semacam Masjid Ashcabul Kahfi yang terletak di Tuban , Provinsi Jawa Timur ini misalnya.

Masjid ini tidak menampilkan kubahnya yang menjulang tinggi ke langit karena terletak di perut bumi (di bawah tanah). Sangat unik pastinya!

Masjid yang berlokasi persisnya di Jalan Gedongombo, Kecamatan Semanding ini pastinya menarik perhatian sebagian besar umat muslim yang melintas di depannya karena terdapat papan besar bertuliskan "Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi".

Masjidnya sendiri dari luar hanyalah terlihat pintu gerbangnya saja, selebihnya bangunan masjid ini berada di dalam tanah. Gerbang depannya juga memiliki daya tarik tersendiri. Berbentuk gapura dengan ornamen bertuliskan huruf Jawa bercampur kaligrafi Arab.

Di balik gapura inilah baru terdapat tangga yang akan mengantarkan para jamaah masjid ini masuk ke dalam gua yang merupakan tempat ibadahnya. Di dalam masjid ini situasinya agak gelap karena hanya mengandalkan penerangan lampu listrik saja, tapi udaranya cukup sejuk karena terisolir dari paparan sinar matahari langsung.

KH. Shubhana adalah sosok yang berada di balik keunikan masjid “perut bumi” ini. Beliaulah yang mendesign dan mengawasi langsung pembangunan masjid unik ini. 

Berawal dari ide kreatif beliau untuk memanfaatkan sebuah gua yang terbengkalai, lalu disulaplah gua tersebut menjadi masjid bagi khalayak umum.

Pembangunan masjid bawah tanah ini juga tidaklah mudah dan memakan waktu lama, namun sekarang ini masjid sudah bisa digunakan untuk beribadah karena interiornya sudah rampung dikerjakan.

Kalau anda ingin bersantai, bisa duduk-duduk di taman seputaran kubah masjid ini yang memang tidak dibangun menjulang tinggi. Nah bagi umat muslim yang melewati kota Tuban, tak ada salahnya mampir sejenak di masjid bawah tanah ini. (K-5/iyo)

0 komentar:

Posting Komentar