Selasa, 28 Agustus 2012

Pantai Matras Ibarat Pantai Surga

Komhukum (Jakarta) - Pantai Matras merupakan salah satu daerah tujuan wisata pantai andalan di Bangka Belitung.

Pantai Matras amat indah dan landai. Pantai ini terletak di desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, di sebelah Timur Laut Pulau Bangka dan berjarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang atau 7 km dari Kota Sungailiat.

Pantai indah ini terkenal dengan nama Pantai Matras karena terletak di desa Matras, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Pantai Matras landai berpasir putih halus sepanjang 3 km dilatarbelakangi pepohonan kelapa dan aliran sungai alami. Pantai ini berada di desa Matras, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat, sebelah Timur Laut Pulau Bangka. Pantai ini amat indah dan landai. Pasirnya putih dan halus. Panjangnya mencapai 3 km dan lebar 20 -30 meter.

Keindahan pantai Matras juga dilatarbelakangi pepohonan kelapa dan aliran sungai alami, hingga sering disebut sebagai Pantai Surga. Pantai ini merupakan pantai yang paling digandrungi para wisatawan.

Di pantai ini terhampar pasir dan menyatu dengan bebatuan indah di sekitarnya seperti mutiara yang terbentang di depan mata. Pantai ini  terdiri dari pasir putih yang halus, dengan panjang sekitar 3 km, dengan lebar 20 sampai 30 meter.
Pantai yang dilatarbelakangi oleh pepohonan kelapa ini menampilkan pula laut yang bening dan pemandangan indah serta aliran sungai yang alami sehingga acapkali disebut sebagai Pantai Surga.

Lokasinya nyaman dan tenang akan memberikan keleluasaan kepada para pengunjung untuk menyantap makanan sambil bersandar di bebatuan alam dan menikmati keindahan suasana pantai.

Di kawasan Pantai Matras juga telah dibangun banyak tempat peristirahatan berupa bungalow sederhana yang kian menambah betah pengunjung.

Pengunjung yang berniat menikmati keindahan Pantai Matras sihimbau untuk menggunaan kendaraan sendiri atau taksi dari Sungailiat atau Pangkalpinang menuju ke Pantai Matras. 

Perjalanan dari Pangkalpinang menuju ke lokasi kurang lebih membutuhkan waktu 1 jam dengan jalanan yang bergelombang. Pengunjung yang masuk ke Pantai Matras hanya dikenakan biaya saat memasuki gerbang pantai sebesar Rp. 2.000,00 - Rp. 5000,00 perorang.
Di sekitar lokasi pantai terdapat beberapa hotel, penginapan, layanan tour/travel, dan tempat hiburan. Terdapat juga pusat-pusat penjualan souvenir dan makanan khas Bangka seperti Kemplang Panggang, Kerupuk Ikan, Keretek Ikan/Cumi, Rusip, Belacan/Trasi, Lada Bubuk, dan sebagainya.

Hotel Parai Beach Resort adalah hotel yang terdekat dari lokasi pantai, jaraknya kurang lebih berjarak 2 km antara hotel tersebut dengan pantai Matras. Kawasan ini telah dijadikan sebagai kawasan wisata utama di Kabupaten Bangka Induk, karena beberapa pantai di daerah itu rata-rata sangat indah. Silahkan Anda berkunjung ke Pantai Matras untuk menikmati keindahan pasir putih yang terhampar halus. (K-5/yan)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks infonya.
indah ya alam Indonesia, Salam Kenal Min ^_^

Agan-agan juga bisa melihat Eksotisme Pantai Matras dengan foto virtual. Disini :
http://indonesiavirtual.com/index.php?option=com_jumi&fileid=11&Itemid=109&id_img=437

Posting Komentar