Senin, 27 Agustus 2012

Kepincut Ikan Goreng di Pantai Ngobaran

Komhukum (Jakarta) - Pesona pantai selatan Pulau Jawa seolah tak pernah habis menawarkan keindahan panoramanya. Salah satu pantai yang jarang terdengar namanya adalah Pantai Ngobaran.

Pantai Ngobaran terletak di desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung  Kidul, Provinsi D.I. yogyakarta. Lokasi pantai ini dari arah Wonosari yang merupakan Kabupaten Gunung Kidul berjarak sekitar 35 km ke arah selatan.

Nah bila anda datang dari kota Yogyakarta, artinya anda harus menempuh jarak 65 Km menuju ke Pantai Ngobaran. Jalan menuju Pantai Ngobaran harus melalui daerah Sodong yang terkenal dengan jalan menanjak dan berkelok-kelok. Di daerah Sodong sendiri daerahnya masih alami karena bisa ditemui hewan kera yang bersembunyi di gua-gua di hutan Sodong.

Sebelum masuk daerah Trowono kita harus melewati telaga Namberan yang merupakan reservoir bagi masyarakat setempat, khususnya untuk kebutuhan peternakan dan pertanian.

Memasuki wilayah Pasar Trowono kita bisa langsung ke arah selatan melewati jalan beraspal yang agak sempit dan berbelok-belok melewati kelurahan Kanigoro Saptosari dan tiba daerah Ngerenehan sebelum sampai di Pantai Ngobaran.
Jauhnya perjalanan menuju Pantai Ngobaran akan terbayar saat kita sampai di lokasi. Langsung terlihat pemandangan yang sangat indah, dari atas bukit kita bisa melihat hamparan laut lepas berwarna kebiruan dengan gulungan ombak berwarna putih berbuih yang pecah di bibir pantai.

Di pinggir pantai ini ada hamparan batu cadas yang sangat indah di mana sebagian masyarakat mencari rezeki dengan memunguti rumput laut untuk dijual sebagai tambahan penghasilan. Jangan khawatir untuk fasilitas kamar mandi dan pedagang makanan minuman karena sudah tersedia walaupun dikelola secara tradisional oleh masyarakat setempat.

Salah satu momen yang saya sukai saat mengunjungi pantai ini adalah saat makan di warung tradisional setempat. Di warung makan milik penduduk lokal ini kita bisa menikmati makan nasi dengan lauk ikan laut segar yang digoreng, disantap dengan sambal terasi dan lalapan daun kemangi beserta kobis...wuiihhh, mantap! Lauknya boleh sederhana, tapi rasanya dijamin akan memanjakan lidah.

Nah bagi anda yang berkunjung ke pantai Ngobaran, mau menikmati pantai atau makan siang di tempat ini...semua sama nikmatnya! (K-5/Iyo)

0 komentar:

Posting Komentar